Belajar SEO Untuk Blogger Pemula dan Expert Update 2021

kotabekasi.eu.org - Perubahan algoritma google akan selalu diupdate dan dampaknya adalah perangkingan website atau blog di mesin pencarian google juga akan mengalami perubahan.Sehingga belajar SEO untuk website akan selalu mengalami perubahan,kita akan mengikuti dan mengimbangi bagaimana google mengupdate sebuah perubahan-perubahan tertentu.

Jika kita tidak mengikuti bagaimana perkembangan atau updatetan dari google ,maka kemungkinan perangkingan website atau blog kita akan turun dan bahkan ada yang turun jauh dibeberapa halaman google,mungkin ada beberapa kasus akan mengalami deindex karena perubahan kebijakan tertentu.

Ada beberapa perubahan teknik SEO ditahun 2021 yang wajib kamu ketahui untuk dapat bertahan atau meningkatkan perangkingan halaman artikel tertentu di search engine google.Semua tergantung pada kamu dalam mengoptimasi website atau blog.

Berikut ini adalah daftar teknik optimasi blog supaya website masuk kedalam kategori SEO Friendly :


1.Optimasi kecepatan loading website
2.Optimasi Mobile Friendly
6.Riset kata kunci atau keyword
7.Kepopuleran sebuah web atau domain autority


Dari daftar diatas ada satu hal yang tidak saya sebutkan,karena ini menjadi abu-abu atau tidak jelas dalam perkiraan perangkingan sebuah website di search engine google,salahsatunya adalah link building atau biasa kita sebut dengan backlink atau juga internal link.

Apakah membangun link building masih relevan untuk materi pembahasan SEO 2021 ? ,menurut pendapat saya pribadi itu tidak lagi relevan dengan alasan-alasan tertentu yang tidak akan saya jelaskan diwebsite ini.


1.Meningkat Kecepatan Loading Website


Salahsatu hal materi dalam belajar SEO yang paling utama yang akan saya bicarakan adalah cara meningkatkan kecepatan loading website.Urutan nomor 1 yang paling penting dalam memahami konsep dasar SEO di 2021 yaitu adalah kecepatan loading.

Kecepatan loading website yang lama atau lambat akan memperburuk interaksi pengalaman pengguna seorang visitor yang berkunjung ke website tersebut.Khususnya untuk visitor atau pengunjung yang menggunakan perangkat ponsel atau HP,pengguna HP juga mendapat perhatian khusus,karena perangkat ini adalah perangkat yang paling banyak digunakan oleh visitor dalam penginstalan google chrome pada HP Android.

Kita sadar bahwa HP Android kini menjadi perangkat yang sedang populer digunakan banyak orang,dan banyak pengembang yang bekerja disana.Sehingga google ingin para visitor dapat mengunjungi website-website  secara cepat,kecepatan menjadi salahsatu prioritas google untuk kenyamanan pengguna aplikasi pencarian google.

Dan ini sangat berdampak pada pemilik website akan ada perubahan besar yang dilakukan google mengenai kecepatan loading website.Jika kamu berada diposisi pengunjung pasti akan sangat nyaman jika website dapat dibuka atau diakses secara cepat bukan ?


2.Optimasi Mobile Friendy atau Mobile Usability

Peningkatan penggunaan perangkat ponsel atau HP semakin tinggi,untuk saat ini pengguna yang paling banyak mengunjungi blog saya adalah HP Android,setelah itu PC komputer (Windows,Linux,dll) dan Safari untuk pengguna HP iPhone dan seterusnya.Ada banyak jumlah pengunjung yang datang di blog saya menggunakan HP Android,dan peningkatannya diperkirakan akan terus naik dari visitor-visitor baru yang akan datang dikemudian hari menggunakan perangkat smartphone.

Mengoptimasi website atau blog untuk dapat masuk kedalam kategori Mobile Friendly sangat penting untuk dapat bertahan di pencarian google untuk perangkat ponsel,terutama untuk perangkat HP Android.Jadi pastikan Website atau Blog tidak mengalami error struktur HTML dan dapat dibuka atau diakses dengan cepat di device HP (Android,iPhone,Tablet).

3.Kualitas Konten Artikel


Konten artikel yang berkualitas dan SEO Friendly juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam materi pengenalan belajar SEO di dunia online atau internet.Kualitas artikel yang baik memenuhi beberapa persyaratan dan salahsatunya adalah artikel harus original atau tidak copas (copypaste) dengan artikel lain.

Buat kamu yang tidak memiliki keahlian dalam menulis artikel di blog atau tidak pandai dalam merangkai kata demi kata,maka solusi yang bisa dilakukan kamu membutuhkan seorang content writer yang bertugas mengisi konten berupa tek atau tulisan dan gambar disetiap halaman postingan artikel.

Atau juga kamu bisa membeli artikel dari jasa penulisan artikel yang memiliki kriteria SEO Friendly,No Plagiarism atau tidak plagiat , dan harga yang murah (untuk para pemula).Untuk harga artikel yang mahal ada banyak juga,mengapa bisa mahal ? kemungkinan kamu menggunakan jasa penulis artikel yang profesional dan sudah memiliki banyak portofolio atau projek yang dikerjakan.

4.Penggunaan Domain Yang Profesional


Meskipun domain tidak berpengaruh terhadap perangkingan di pencarian google,akan tetapi penggunaan domain sangat penting dalam dari pengunjung atau visitor yang mengerti tentang dunia teknologi,khususnya teknologi website.Bagi orang awan mungkin domain tidak begitu penting saat mereka mencari sesuatu di pencarian google,yang terpenting bagi mereka adalah apa yang dicari dapat menyelesaikan masalah atau kebutuhan informasi yang didapat.

Disisi lain bagi saya domain dan nama domain yang mudah dingat sangat penting,biasanya domain yang mudah dingat adalah domain yang hanya memiliki beberapa kata saja seperti domain .com , .id ,.net , .org dan lain-lain.Dan penggunaan nama domain yang pendek juga sangat penting untuk mudah dihapal oleh para pengunjung.Jadi tentukan domain dan nama domain untuk strategi SEO untuk meningkatkan kualitas website di pencarian search engine google.

5.Pengiklanan Blog atau Website


Untuk mendapatkan visitor atau pengunjung di blog baru ada beberapa yang mengalami kesulitan mendapat trafik.Trafik yang baik dan sehat adalah trafik yang berasal dari pencarian google,trafik semacam ini para blogger menyebutnya sebagai organik trafik.Mendapatkan trafik organik tidaklah mudah,karena ada banyak kompetitor yang sudah memiliki banyak "Faktor pendukung" di website mereka akan lebih mudah menempati posisi halaman 1 google.

Jika kamu memiliki dana yang cukup untuk memulai bisnis di internet (khususnya untuk para blogger dan pelaku usaha jualan online dan lain-lain) maka beriklan adalah salahsatu materi pengenalan belajar SEO untuk para pemula (newbie) hingga tingkat expert (orang yang sudah berpengalaman di Internet Marketing ).

Untuk pengguna blogger yang ingin mendapatkan uang di internet secara online dengan cara menulis artikel dan bekerja sama dengan google adsense sebagai sumber penghasilan utama blog,maka beriklan yang paling saya rekomendasikan adalah di Google Ads.Beriklan di Google Ads biasanya tidak berdampak buruk bagi Adsense di blog atau website.


6.Riset Kata Kunci / Keyword


Sebagai seorang pemula dibidang blog,untuk mendapatkan trafik dari beriklan di google ads mungkin terasa berat,karena ketersediaan jumlah dan yang sedikit.Buat kamu yang memiliki modal yang sedikit dalam ngeblog atau membuka usaha secara online di internet,solusi yang baik adalah meriset kata kunci atau keyword sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Ada banyak website atau aplikasi yang menyediakan tools-tools riset kata kunci atau keyword di pencarian google,kamu dapat memilih tools keyword checker secara gratis dan berbayar.Dengan bantuan toolsnya akan lebih memudahkan kamu mendapatkan hasil yang baik atau meningkatkan traffic yang masuk ke website atau blog kamu.


7.Membangun Branding Website di Sosial Media


Membangun nama website supaya banyak dikenal sepertinya akan saya bahas disini dalam pembahasan Belajar SEO dalam jangka pendek,akan tetapi efeknya akan berlangsung lama.Kepopuleran nama website sangat penting untuk mempertahankan atau meningkatkan jumlah visitor baru yang datang ke website atau blog kita.

Salahsatu branding website yang paling umum adalah share ke media sosial atau medsos atau sosmed (sosial media).Memperkenalkan website melalui sosmed sepertinya sangat penting,supaya website makin dikenal dan populer di masyarakat dunia maya atau dunia online.Teknik ini cukup baik untuk blog atau website yang baru dibangun atau di onlinekan,karena ini sangat mudah dan lebih hemat biaya dibandingkan membangun brand website dengan cara beriklan.



Slide Library

Build modern, professional sliders with the hundreds of premade slides in minutes. Fresh design, with harmonious typography.

Endless Possibilities

Mix carefully crafted slides to create gorgeous sliders and blocks

Flexible System

Styles and UI elements fit for any kind of a web related project

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2023 Portal Bekasi