Cara Mendapatkan Domain EU.ORG Secara Gratis (Free Domain)

kotabekasi.eu.org - Domain EU.ORG adalah domain gratis dari uni eropa,domain ini sudah ada sejak tahun 1996.Masa aktif penggunaan domain ini adalah lima tahun,untuk perpanjangan kemungkinan akan gratis (semoga saja).Buat kamu yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli domain di tempat-tempat website penyedia jasa domain,mungkin kamu bisa mencobanya di EU.ORG.

Domain ini diperkirakan masa aktifnya adalah selamanya,mungkin masa aktifnya adalah selama penyedia jasa domain ini masih berjalan ,maka domain eu.org akan selamanya aktif.Untuk mendapatkan domain ini maka kamu perlu mendaftar atau register domain eu.org di situs resminya di https://nic.eu.org/

Daftar Isi Postingan Artikel :
  1. Cara Daftar Akun EU.ORG
  2. Cara Mendapatkan Domain EU.ORG Gratis (Free Domain)
  3. Cara Mengisi / Mendapatkan NS Server dan Free DNS di Hosting Hostry
  4. Cara Mengisi Name Server di Pendaftaran Domain EU.ORG
  5. Cara Custom Domain EU.ORG di blogger atau Blogspot

Cara Mendaftar atau Register Free Domain EU.ORG


Untuk mempunyai domain eu.org sangat mudah,karena kamu hanya perlu mendaftarkan diri sesuai dengan data diri yang kamu miliki.Untuk orang non-eropa masih bisa menggunakan domain ini,saya sendiripun menggunakan domain ini dengan identitas Indonesia dan menggunakan nomor HP +62 (Indonesia).Jadi kamu tidak perlu repot-repot menggunakan data palsu untuk mendaftarkan domain ini secara gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk register free domain eu.org :

1.Kunjungi website eu.org di : https://nic.eu.org/arf/en/contact/create/
2.Kemudian isi semua formnya seperti :
   ** Nama
   ** Email
   ** Address (line 1)
   ** Address (line 2)
   ** Address (line 3)
   ** Address (line 4)
   ** Address (line 5)
   ** Country
   ** Phone
   ** Fax (Tidak usah diisi)


Contoh :

  ** Nama : Raden Maria
   ** Email : radenmaria@gmail.com
   ** Address (line 1) : Perum sukanara RT.001 RW.011
   ** Address (line 2) : Desa sikarma raya
   ** Address (line 3) : Kecamatan Tambun Tenggara
   ** Address (line 4) : Kabupaten Bekasi
   ** Address (line 5) : Kota Bekasi , Jawa Barat 18890
   ** Country : Indonesia
   ** Phone : 087 8**** *****
   ** Fax (Tidak usah diisi)


3.Kemudian beri centang pada Private (not shown in the public Whois)

4.Kemudian beri centang pada I have read and I accept the domain policy

5.Lalu masukan Password dan Konfirmasi Password

5.Setelah itu tekan tombol Created

Sekarang kamu telah berhasil register atau mendaftarkan akun di website https://nic.eu.org/ , jika berhasil maka kamu akan diberi mendapatkan username untuk login melalui email atau setelah selesai menekan tombol Created.Jangan dihapus kiriman email dari eu.org,karena jika kamu lupa username ue.org,maka kamu bisa melihat lewat email.

6.Jika sudah login atau masuk akun di https://nic.eu.org/ ,maka kamu sekarang bisa tekan tombol New Domain

7.Kemudian masukan nama domain di kotak  "Complete domain name" , contoh :https://www.kotabekasi.eu.org

Pada saat memasukan nama domain yang harus kamu perhatikan adalah jangan lupa menggunakan https://www dan diakhiran gunakan domain eu.org

8.Jika sudha selesai membuat nama domain,kemudian scroll kebawah sampai ketemu kotak form "Name Servers"

Lalu beri centang pada "server names + replies on SOA + replies on NS (recommended)"

Sampai disini kamu belum selesai pendaftarannya,setelah ini kamu harus memiliki name server dari pihak hosting,jadi jangan tutup dahulu tab pendaftarannya domain eu.org.


Cara Mendapatkan Name Server atau DNS di Hosting Hostry.COM


Kamu bisa mengisi nama server dikotak dibawahnya,untuk mengisi name server maka kamu memerlukan alamat DNS . Cara untuk mendapatkan alamat DNS secara gratis atau Free DNS,saya akan menggunakan jasa penyedian Free DNS di https://hostry.com/

Jika kamu ingin mendapatkan name server atau DNS gratis dari web https://hostry.com/ ,maka kamu perlu mendaftar atau register akun HOSTRY terlebih dahulu,jika sudah mendapatkan atau memiliki akun hostry,maka langkah selanjutnya adalah :

9.Login atau masuk akun hostry di : https://hostry.com/login/

10.Setelah itu pilih menu Service lalu klik Free DNS

11.Kemudian ketik nama domainnya,nama domain ini harus sesuai dengan nama domain di pendaftaran domain eu.org ,pada pendaftaran di situs eu.org saya menggunakan domain https://www.kotabekasi.eu.org (lihat langkah nomor 7) ,jadi saya akan masukan nama domain saya di kotak tersebut (tanpa https://www.) ,jadi langsung masukan domainnya kotabekasi.eu.org

Setelah itu tekan tombol Create DNS

12. Kemudian akan muncul NS atau Name Server dan Nama Domain,lalu tekan tombol "Create"



13.Jika sudah selesai klik DNS dengan nama Domain kotabekasi.eu.org

Maka kamu akan melihat tulisan seperti ini :

If you want your domain to work on the Hostry DNS server, you need to change the records on the NS server on your domain recorder to the following:

ns1.hostry.com
ns2.hostry.com
ns3.hostry.com
ns4.hostry.com


Sekarang kamu sudah selesai membuat NS Server di hostry,maka sekarang masukan NS server tersebut di bagian pendaftaran domain EU.ORG yang tadi belum selesai (lihat langkah nomor 8).

Jika kamu isi maka akan seperti ini :




Jika sudah selesai mengisi 4 Name Server,maka kamu bisa menekan tombol "Submit"


14.Jika berhasil dalam pengecekannya,maka tampilannya akan seperti ini :




Pada gambar diatas menerangkan bahwa pengecekan Servers And Domain Name , SOA Records , NS Records sudah selesai dan tidak ada error yang ditemukan (No error, storing for validation ... save as request ... )


Sekarang kamu sudah berhasil mendaftar,kamu tinggal menunggu pemberitahuan dari email bahwa nama domain baru yang kamu buat sudah diterima.Jika sudah mendapatkan email bahwa domain kamu sudah di terima,maka langkah selanjutnya adalah memasang menyambungkan domain yang kamu buat (https://www.kotabekasi.eu.org) di blogspot atau di wordpress.


Cara Mengganti Domain EU.ORG di Blogspot atau Blogger


Langkah terakhir adalah memasang atau Custom Domain EU.ORG di blogger atau blogspot (karena disini saya akan membuat blog atau website dari platform Blogger).Cara sangat mudah,kamu hanya membutuhkan 2 tab google untuk membuka Blogger dan Hosting Hostry.Pada contoh ini saya akan menggunakan blogger dengan tampilan terbaru.Lihat langkah-langkahnya dibawah ini :

1.Buka Akun Blogger

2.Kemudian pilih Settings

3.Setelah itu cari menu Publishing ,lalu klik Custom Domain.Setelah itu masukan nama domain yang sudah diterima eu.org,nah nama domain yang sudah diterima seperti ini : https://www.kotabekasi.eu.org ,maka masukan ke custom domainnya seperti ini :www.kotabekasi.eu.org (jangan gunakan https:// ).

4.Tekan Tombol Save

5/Maka kamu akan mendapati error dengan tulisan seperti ini :

We have not been able to verify your authority to this domain. On your domain registrar's website, locate your Domain Name System (DNS) settings and enter the following two CNAMEs: (Name: www, Destination: ghs.google.com) and (Name: 2j3ql4wkt7qr, Destination: gv-ae3jo6bt4d627i.dv.googlehosted.com). See https://support.google.com/blogger/answer/1233387 for detailed instructions.



Maka yang harus kamu lakukan adalah masukan CNAME blogger tersebut di Hosting Hostry tempat kamu mendaftar DNS atau Name Server https://www.kotabekasi.eu.org

6.Buka DNS https://www.kotabekasi.eu.org di Hosting Hostry tersebut,lalu masukn CNAME dan IP Address Blogger

Cara Mengisi CNAME di Hostry:

** Buka DNS https://www.kotabekasi.eu.org
** Kemudian pilih CNAME ,lalu masukan Subdomain dan domain .Subdomain dan domain ini bisa kamu isi sesuai dengan Error pada saat Custom Domain dilangkah nomor 5.
Yang pertama masukan WWW pada Subdomain dan ghs.google.com pada domain dan pada TTL,Sec biarkan di angka 864400 . Kemudian tekan tombol Add . Lihat contoh dibawah ini :




Lalu masukan lagi :

** Kemudian pilih CNAME ,lalu masukan Subdomain dan domain .Subdomain dan domain ini bisa kamu isi sesuai dengan Error pada saat Custom Domain dilangkah nomor 5.
Yang pertama masukan 2j3ql4wkt7qr pada Subdomain dan gv-ae3jo6bt4d627i.dv.googlehosted.com pada domain dan pada TTL,Sec biarkan di angka 864400 . Kemudian tekan tombol Add . Lihat contoh dibawah ini :


7.Sekarang Pindah Ke A ,lalu masukan IP Address ini :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Masukan di kolom IP Address satu per satu untuk di Add.



 

8.Jika di DNS Hostry sudah selesai maka sekarang kamu kembali ke blogger,lalu tekan tombol Save , kemudian kamu bisa langsung alihkan domain blogspot ke domain eu.org.

Dan jangan lupa aktifkan fitur HTTPS  di blogger




Jika sudah selesai,domain EU.ORG yang kamu buat tidak langsung online atau bisa diakses,kamu memerlukan waktu kurang lebih 1x24 jam (seharian) atau tunggu esok hari untuk melihat domain baru (EU.ORG) di blogger kamu aktif dan bisa diakses atau dibuka di browser google.Sepertinya mudah bukan cara setting domain EU.ORG di Blogger atau ke blogspot (dari domain blogspot ke domain EU.ORG) ?

Jika domain EU.ORG kamu sudah selesai,maka kamu perlu memasang atau menambahkan properti baru (domain baru) atau alamat website baru di Google Search Console untuk pengindeksan di google pencarian.

Sampai disini,semoga berhasil :)

Slide Library

Build modern, professional sliders with the hundreds of premade slides in minutes. Fresh design, with harmonious typography.

Endless Possibilities

Mix carefully crafted slides to create gorgeous sliders and blocks

Flexible System

Styles and UI elements fit for any kind of a web related project

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2023 Portal Bekasi